Monday, January 14, 2013

ASI EKSKLUSIF




Walaupun kesadaran mengenai pentingnya ASI semakin meningkat, terutama di perkotaan, tingkat pemberian ASI eksklusif di Indonesia masih rendah. Kurangnya pengetahuan tentang manfaat ASI dan gencarnya promosi susu formula membuat banyak ibu gagal menyusui. 

Bayi sebaiknya diberikan Air Susu Ibu (ASI) saja secara eksklusif tanpa makanan tambahan lain selama 6 bulan pertama pertumbuhan karena banyak manfaatnya bagi ibu dan juga bayi. Setelah 6 bulan pun ASI sebaiknya tetap diberikan selama mungkin, tapi sudah bisa secara bertahap ditambahkan dengan makanan lain untuk membantu pertumbuhan bayi. Begitulah himbauan dari dunia kesehatan saat ini.

Apapun yang ditawarkan oleh susu formula terhadap bayi anda, asi tetap merupakan yang terbaik. Memberi asi kepada bayi anda memberikan manfaat yang sangat besar, tidak hanya bagi bayi tetapi bagi ibunya juga. Semakin cepat anda menyusui bayi anda semakin baik. Bahkan dianjurkan untuk sesegera mungkin bayi anda begitu dilahirkan, yaitu sekitar 30 menit setelah dia lahir.

Manfaat bayi yang diberikan ASI :
1. ASI memperkuat sistem kekebalan tubuh.   
2. ASI menurunkan resiko alergi
3. ASI menurunkan resiko penyakit saluran cerna, seperti diare dan meningkatkan kekebalan pada sistem pencernaan
4.  ASI menurunkan resiko gangguan pencernaan seperti flu dan batuk.
5. ASI kaya akan AA dan DHA yang mendukung pertumbuhan kecerdasan otak
 6. ASI mengandung prebiotik alami untuk mendukung pertumbuhan flora usus
7.  ASI mmepunyai komponen nutrisi yang tepat dan seimbang
8. Bayi-bayi yang diberikan ASI lebih kuat. 


Inilah beberapa manfaat bila ibu menyusui bayinya.
 
1. Mencegah Perdarahan
Menyusui bayi segera setelah lahir dapat mendorong terjadinya kontraksi rahim dan mencegah terjadinya perdarahan. Ini dapat membantu mempercepat proses kembalinya rahim ke posisi semula. 
2. Mengurangi Berat Badan
Menyusui juga dapat membantu ibu mengurangi berat badan. Sebagai informasi ketika menyusui itu berarti sama dengan membakar kalori sebesar 200 hingga 500 kalori perhari. Jumlah kalori yang sama jika anda berenang selama beberapa jam atau naik sepeda selama satu jam. 
3. Mengurangi Resiko Terkena Kanker Payudara dan Kanker Rahim
Menyusui dapat mengurangi resiko terkena kanker payudara. Diperkirakan persentase pencegahannya mencapai 20%. Beberapa laporan juga menyebutkan bahwa menyusui juga dapat membantu mengurangi resiko terkena kanker indung telur dan kanker rahim. 
4. Ungkapan Kasih Sayang
Menyusui juga merupakan ungkapan kasih sayang yang nyata dari ibu kepada bayinya. Hubungan batin anatar ibu dan bayi akan terjalin erat karena saat menyusui bayi menempel pada tubuh ibu. Bayi bisa mendengarkan detak jantung ibu, merasakan kehangatan sentuhan kulit ibu dan dekapan ibu. 
5.Praktis dan Ekonomis
Selain komposisinya yang sempurna, asi juga sangat praktis dan ekonomis. Sekarang harga susu formula cenderung terus meningkat, memberi asi dapat mengurangi biaya untuk susu formula yang cukup tinggi. Selain itu asi sangat praktis, ibu tidak perlu repot mencuci dan merebus botol pada masa pemberian asi ekslusif, sehingga bisa menambah waktu istirahat bagi ibu, khususnya di malam hari. 
6.Sebagai Alat Kontrasepsi  
Pemberian asi secara ekslusif dapat berfungsi sebagai alat kontrasepsi. Walaupun ini hanya berlaku selama 4 bulan setelah melahirkan, dan dengan catatan harus bersifat ekslusif. Hisapan bayi pada payudara ibu merangsang hormon prolaktin. Hormon prolaktin dapat menghambat terjadinya pematangan sel telur sehingga menunda kesuburan.

Baik itulah pentingnya ASI :) Jika artikel ini bermanfaat silakan ber +1 google ya, Terimakasih



No comments:

Post a Comment