Monday, January 14, 2013

Polisi Lalu Lintas Bangkok Dilatih Ilmu Kebidanan

Taukah kamu? polisi lalu lintas dibangkok dilatih ilmu kebidanan :D (Kpn yaa Indonesia begini hehe).
Macet parah yang terjadi di kota Bangkok bisa berlangsung selama berjam-jam setiap harinya. Berbagai masalah muncul dari macet tersebut, termasuk masalah genting seperti proses melahirkan.



Untuk itulah, kepolisian lalu lintas Bangkok membentuk unit khusus untuk menangani hal ini, yaitu polantas bidan. Diberitakan al-Jazeera, Kamis 27 September 2012, unit ini mendapatkan latihan kebidanan setiap tahunnya di Rumah Sakit Bangkok dan pelatihan dari Honda soal mengendara yang aman.

Teknik pengendaraan yang aman diperlukan para polisi bidan ini untuk membawa ibu hamil menuju rumah sakit. Biasanya, mereka tancap gas hingga 150 km/jam untuk melarikan ibu hamil ke rumah sakit yang dinilai tidak bisa ditangani langsung.

Unit ini sangat diperlukan. Pasalnya, Bangkok dengan lima juta kendaraan dan jalanan yang hanya meliputi delapan persen wilayah metropolis, bisa memicu macet yang bertahan hingga berjam-jam.

Bandingkan dengan kota New York yang hanya memiliki 1,9 juta kendaraan, padahal luas wilayahnya 2,5 kali Bangkok. Volume jalan di New York juga 20-30 persen dari keseluruhan lahan kota.
Salah satu polisi bidan yang bertugas bernama Mana Jokkoksung, 43. Dia diajarkan untuk tetap tenang dan tegas dalam melaksanakan tugasnya membantu kelahiran.

Awal tahun ini, polantas bidan Bangkok telah membantu kelahiran 100 bayi di jalan. Mana yang merupakan polisi andalan di unit ini telah membantu 47 di antaranya. "Pada awalnya, orang menganggap unit ini aneh. Namun sekarang mereka melihat untungnya,"

Kapan ya di Indonesia seperti ini :D

No comments:

Post a Comment