Friday, January 18, 2013

TANDA-TANDA KEHAMILAN

Tanda kehamilan itu ada 3 yaitu pasti,tidak pasti dan kemungkinan.

A. TANDA PASTI KEHAMILAN

Yaitu adanya perubahan/tanda yang ditemukan/diobservasi oleh pemeriksa tanpa disertai kemungkinan diagnosis yang lain (data objektif)

Tanda-tanda kehamilan pasti adalah :
1. Melihat gambaran janin dengan USG (Utrasonographi) dan sinar Rontgen
Bagi ibu yang masih ragu dan ingin memastikan secara pasti kalau dia hamil yaitu dengan USG.
Gambaran janin sudah dapat dilihat melalui USG pada usia kehamilan 6 minggu. Dengan USG dapat diketahui kantung janin, panjang janin dan dapat diperkirakan umur kehamilan serta dapat menilai pertumbuhan janin. Dengan sinar rotgen dapat terlihat kerangka janin yaitu pada usia kehamilan 16 minggu.





2. Melihat/ mendengar denyut jantung janin
Dengan utrasonografi DJJ dapat terlihat mulai usia kehamilan 6minggu. Dengan alat fetal electro cardiograph denyut jantung janin dapat dicatat pada kehamilan 12 minggu. Dengan stetoskop laennec bunyi jantung janin baru dapat didengar pada kehamilan 18-20 minggu


3. Dapat dirasakan gerakan janin
Tanda pasti kehamilan yang lain adalah penemuan oleh pemeriksa gerakan-gerakan janin. Setelah sekitar 22 minggu gerakan janin aktif dapat dirasakan pada interval waktu yang tidak tentu, dengan meletakkan tangan pemeriksa pada abdomen wanita tersebut. Gerakan janin ini berubah -ubah intensitasnya dari getaran yang lembut pada kehamilan dini sampai gerakan menyentak pada kehamilan lanjut. Yang terakhir ini kadangkala terlihat dan teraba.
4. Teraba bagian-bagian janin dan dapat dikenal bagian-bagian janin
Dalam trimester terakhir ( 24 minggu kehamilan) bagian-bagian besar janin yaitu kepala dan bokong dan bagian-bagian kecil yaitu kaki dan lengan dapat diraba dengan jelas melalui palpasi oleh pemeriksa.

B. TANDA TIDAK PASTI KEHAMILAN

1. Amenorhea ( Tidak dapat menstulasi)
Nahh banyak ibu-ibu yang udah berasumsi kalai tidak haid pasti hamil,padahal belum tentu begitu. Tidak dapat haid, gejala ini sangat penting karena umumnya wanita hamil tidak dapat haid lagi. Pentingnya diketahui tanggal dari pertama haid terakhir, supaya dapat menentukan umur kehamilan dan tanggal tafsiran persalinan. Namun amenorhea juga bisa disebabkan oleh hal-hal diantaranya penyakit berat seperti TBC, thypus, anemia atau karena pengaruh psikis misalnya karena perubahan lingkungan dan ketidakseimbangan hormon. Jadi kalau tidak dapat haid ibu-ibu jangan berasumsi kalau hamil dulu ya buu :)
2. Perubahan Payudara
Pada kehamilan dapat dijumpai payudara menjadi tegang dan membesar. Jai banyak ibu-ibu yang beranggapan kalau payudara membesar karena hamil padahal itu tidak pasti hamil. 
Kenapa payudara ibu hamil membesar??  Karena keadaan ini disebabkan oleh pengaruh hormon estrogen dan hormon progesteron yang merangsang duktus dan alveolus di payudara. Perubahan ini biasanya terjadi pada minggu ke 3-4 kehamilan. Perubahan payudara ini termasuk tanda tidak pasti dalam kehamilan karena kondisi lain bisa juga menyebabkan perubahan payudara seperti ini misalnya pada penggunaan alat kontrasepsi pil.
3. Mual dengan atau Tanpa Muntah
Nahh kalau ada ibu-ibu muntah-muntah terus dia sudah ketakutan akan hamil :D Padahal mual muntah merupakan tanda tidak pasti kehamilan. 
Biasanya terjadi pada minggu ke 4 - 14 kehamilan. Gejala ini sering terjadi pada pagi hari sehingga disebut MORNING SICKNESS. Bila terlampau sering dapat mengakibatkan gangguan kesehatan yang disebut hiperemesis gravidarum. Hal lain yang dapat menimbulkan mual dan muntah diantaranya adalah penyakit saluran pencernaan dan demam. 


C. TANDA KEMUNGKINAN KEHAMILAN

1. Adanya HCG (Hormon Chorionic Gonadothropin) dalam darah dan urine
Dalam darah ditemukan pada minggu ke 4-12 kehamilan. Sedangkan dalam urine dapat ditemukan pada minggu 6-12 kehamilan. Kenapa ini tidak dimasukan ke tanda pasti kehamilan? Karena keadaan lain bisa menimbulkan reaksi yang positif seperti pada molla hidatidosa dan choriocarcinoma.
2. Tanda Chadwick
Akibat hormon estrogen vagina dan vulva mengalami perubahan. Terdapatnya hipervaskularisasi pada vagina dan vulva mengakibatkan vagina dan vulva tambak lebih merah, agak kebiruan. Terdapat pada umur kehamilan 8 minggu. Tanda chadwick ini tidak dimasukkan kedalam tanda pasti kehamilan karena kondisi lain juga menimbulkan kondisi seperti ini misalnya terdapatnya penyumbatan aliran darah di panggul (pelvic congestion)
3. Pembesaran uterus
Setelah 12 minggu kehamilan, uterus biasanya dapat diraba melalui dinding abdomen tepat diatas simfisi sebagai sebuah tumor, kemudian uterus secara bertahap bertambah besar sampai akhir kehamilan. Umumnya pembesaran abdomen selama usia subur pada wanita, secara kuat mengesankan kehamilan. Keadaan lain yang dapat menimbulkan uterus membesar adalah adanya tumor didaerah panggul. Jadi kalau perut membesar bukan berarti dia hamil.

Kalau artikel ini bermanfaat beri 1+ google ya. Terimakasih

No comments:

Post a Comment